Monday, November 15, 2010

The CPDRC Inmates: A Dance Rhapsody from Jail

Hello Stufliers.
How do you do? ^^
Well, postingan kali ini saya akan bahas tetarian nih. Tapi yang ini beda. Bahkan mungkin satu-satunya yang ada di dunia. Duile. Jadi postingan kali ini diinspirasi oleh keisengan saya mencari video-video yang unik di Youtube. Kebetulan saya suka sekali melihat orang-orang menari. Karena apa? Karena saya lihat semua orang yang menari seolah-olah ada di dunia mereka sendiri. Dunia yang tidak bisa dijamah oleh siapapun, kita sebagai penonton hanya bisa melihat dan menikmati tapi kita tidak bisa masuk ke dalam dunia mereka. That's tottaly cool. Back to topic, iseng-iseng saya mencari video-video dance di Youtube kemudian mata saya tertarik pada orang-orang berbaju oranye. Saya putar videonya. And I can't stop to say wow!
Ya saya sedang melihat The CPDRC Inmates yang sedang menari.



What? No no no. Anda sedang tidak salah membaca. Serius yang menari disana adalah para narapidana di CPDRC a.k.a. Cebu Provincial Detention and Rehabilitation Center. Keren bukan? Jadi setelah saya googling kesana kemari ternyata CPDRC yang terletak di negara Filiphina menerapkan salah satu metode yang unik untuk menghilangkan stress para narapidana sekaligus mengajarkan para narapidana berbagai pelajaran seperti kedisiplinan, kebahagiaan,etc. Tak lain dan tak bukan metode unik itu adalah dengan menari yang mereka sebut dengan program of choreographed exercise.
FYI, CPDRC adalah penjara maximum security di Filiphina sana yang mungkin kalau di Indonesia ya di Nusakambangan lah. Walau pasti beda jauh ya. Heheheheh.
Kepala Penjara Byron F. Garcia adalah pelopor program ini. Tak tanggung-tanggung para koreografer terkenal didatangkan untuk mengajari para narapidana dan hasilnya? Sumpah deh semua narapidana baik tua maupun muda, pria maupun wanita bisa menari semua dengan indah, serasi, baik, enerjik, aktual, tajam, dan terpercaya. Heheheh.
Para narapidana disini menari pun bukan hanya untuk senang-senang saja bahkan mereka menari di berbagai kesempatan seperti public performances, Cebu City's Founding Day celebrations, penggalangan dana, festival-festival, dsb. Mulai menari ala Michael Jackson hingga ala Wondergirls, Super Junior pun mereka bisa. Amazing, aren't they?
Bagaimana kalau metode menari diterapkan di penjara-penjara Indonesia? Seriously saya akan mendukung 100% bukan bukan bahkan satu juta persen kalau perlu. Kelihatan simple tapi manfaatnya banyak banget sumpah. Saya yakin para narapidana setelah diajari ini akan bertobat. Hahah. Tidak akan mengulangi perbuatan-perbuatan terdahulu mereka, ogah jadi koruptor, pencuri, dan pekerjaan-pekerjaan lain karena mereka telah menemukan job baru. Apalagi kalau bukan penari profesional? Jadi awas Didik Nini Thowok, Brandon, dsb para narapidana siap menyaingi kalian. Wkwkwkw.

To All Inmates in CPDRC, Seriously, kalian semua memberikan banyak pelajaran bagi saya pribadi. Salah satunya adalah pembuktian dari kata-kata yang ada di Step Up 3 bahwa setiap orang sebenarnya dilahirkan sebagai penari karena kita semua bisa bergerak sesuai irama termasuk irama yang ada dalam diri kita. Kalau bahasanya Luke. BFAB. Born From A Boombox. Lol. ^^
Well done CPDRC Inmates!!! Daripada melakukan kejahatan mending menari ya toh?
:p

Yang penasaran mau melihat aksi mereka bisa dilihat disini. Salah satu favorit saya.

Hope You Enjoy It.

Salam Kupu-Kupu dan Mari Menari. ^^

P.S. Semoga bila saya diberi kesempatan bisa mengunjungi Filiphina semoga bisa juga mampir ke CPDRC ah. Bukan sebagai narapidana, tapi sebagai penikmat tarian. ^^

2 comments:

  1. sip gan
    ini semua membuat rasa kebersamaan yang tinggi.
    kemungkinan besar tobat

    ReplyDelete