Thursday, October 17, 2013

Tempe Mendoan Ala Ketep Pass: Mantap!


Kalau sedang jalan-jalan atau kebetulan tengah melewati daerah Ketep Pass, Kabupaten Boyolali ada satu kegiatan yang hampir pasti saya lakukan. Kegiatan itu adalah menyambangi para pedagang yang berjualan tepat di depan Ketep Pass.

Bukan, saya tak tengah mencari dan hendak membeli jagung bakar. Apa yang saya lakukan ialah mampir ke salah satu lapak yang di depannya terdapat wajan-wajan besar. Iya, saya jatuh cinta sama tempe mendoan yang dijual disana.

Menurut saya, tempe mendoan ala Ketep Pass hampir serupa dengan tempe mendoan ala Banyumas Raya. Ukuran tempe yang besar-besar serta bumbu tepung terigu yang menyelimuti sama gurihnya. Hal yang membedakan paling tempe mendoan ala Ketep Pass minus potongan daun bawang (onclang) saja.

Mantap!

Lapak favorit saya adalah lapak ibu yang selain menjual tempe mendoan dan jagung bakar juga menjual mie ayam serta bakso. Kuah dari mie ayam atau bakso membuat rasa tempe mendoan semakin nikmat. Nyam nyam nyam.

Si ibu tengah beraksi

Saya biasanya berubah kalap kalau sudah berhadapan dengan sepiring mendoan di depan mata. Apalagi kalau masih panas sambil dicocol cabai. Bawaannya mau comot terus menerus. Tenang saja, tidak bikin kantong kering kok. Sepotong tempe mendoan dijual seharga Rp 700,00 saja. Murah kan?

Zoom in *ngeces*

Jadi, kalau mengaku pecinta gorengan, tempe mendoan ala Ketep Pass ini patut dicoba. Kita juga bisa melihat pemandangan kebun-kebun warga yang cantik dari lapak-lapak para pedagang yang berdiri di pinggir jurang lho. Kurang mantap apalagi coba? :)

View dari lapak si Ibu

Selamat mencoba dan salam kupu-kupu. ^^d

1 comment: