Saturday, March 6, 2010

Batam v.s. India (Copy dari Note FB saya)




Well, sebenarnya nih note ga penting2 banget. cuma menceritakan pengalaman saya baru-baru ini berdebat dengan bapak2 yang ngonyolinya minta ampun. (gregetan)
Waktu itu saya baru aja pulang dari kuliah di semarang. karena mau liburan dan pas tes saya jadi sering pulang.
Setelah menempuh perjalanan yang melelahkan....mendaki gunung lewati lembah sungai mengalir indah ke samudra...(halah) akhirnya sampailah saya di kota Salatiga. Town in The Middle of Everywhere itu.
Hati sudah riang senang rupawan membayangkan habis ini makan enak dan tidur di kasur di kamar saya tercinta.
Tapi sesampainya di Rumah, entah dapet nasib sial dari mana ternyata Rumah sayaaaa kekuncii!!!
waaaa!!!
bubarlah sudah imajinasi2 dewasa dan liarku (loh??) maksud saya imajinasi tentang kamarku yang menyenangkan dan nyaman itu.
huhuhuhuw lemas langsung rasanya membayangkan pasti bakalan lama ni kekunci di luarnya.
Oh noo!!
Beberapa menit menanti tiba2 ada bapak-bapak naek delman istimewa menghampiri saya. (hahahaw lebay)
Awalnya saya tidak berprasangka apapun lagi pula beliau tetangga dekat rumah. Mungkin dia mau minta tanda tangan saya (lhoooo???)
Akhirnya terciptalah percakapan yang tidak penting namun ngonyolinya minta ampun.(dalam bahasa jawa tentunya).
Keterangan: B: bapak-bapak, A: saya.



B: " Kekunci Sat???"
A: "Iya nih pak" (sudah jelas2 tampang saya melas waktu itu)
B: "Lha kamu darimana? Kog bisa kekunci?"
A: " Pulang kuliah pak, ga tau mungkin Si Mbak(rewang) lagi jemput adik saya di sekolah"
B: "Oh ya ditunggu dulu aja, emang kuliah dimana kamu sekarang?"
A:" Di undip pak."
B: "Oh Undip saya tahu itu.(dengan nada sok tahu) Jadi kamu habis ngelaju dari jogja dong?" ( Nah lo, sejak kapan Undip pindah jogja????) *mulai curiga*
A: "Hah??? Kog Jogja pak? d semarang pak."
B:" Oh iya maksud saya di semarang. Maklum sudah tua sering lupa" (halah pake acara ngeles ni bapak)
hening sesaat.
B: "La kakakmu dimana sekarang? kog ga pernah kelihatan?"
A: "Oh Mbak saya. di India pak, kuliah"
B: " Woh hebat kecil-kecil udah sampai india"
A: " Iya pak"
hening lagi.
dan kemudian inilah awal dari bencana itu.
B: "Eh Sat India sama Lampung jauhan mana?"
A: "Hah???? (berharap tidak salah dengar) India sama mana pak?"
B: " Sama Lampung!" (bersyukur telinga saya masi bisa mendengar dengan benar)
A: " ya jelas India dong pak" *curiga tahap awal*
B: " Oh ya? hmm gitu toh. emang berapa jam perjalanan Indonesia ke India?"
A: " Ga tau pak mungkin ga nyampe 1 hari." (saya juga ga tahu tepatnya)
hening sesaat.
B: "Lha kalo sama Batam? saya punya keponakan kerja disana" (Apaan coba?)
A: " Iya sama aja pak jauhan India" (mulae males sama curiga tahap akhir)
B: " Masa ah? saya ga percaya!" (ye ni bapak dikasih tahu malah ngeyel)
A: " Ya udah pak saya kan cuma ngasih tahu."
Selesai lah percakapan saya dengan tu bapak2 ngeyel-an karena adik saya sudah pulang ke rumah.
Namun penderitaan saya belum berakhir!!!
Besoknya eh tidak ada hujan tidak ada angin, entah nasib apes apalagi, eh saya ketemu tu si Bapak-bapak lagi. grrrrr.

B: " Hei Sat! sudah dibilang ya kamu ga percaya!!"
A: " Hah ga percaya kenapa pak?"
B: " Ya itu India sama Batam jauhan Batam yoo!"
A: " Grrr. India pak." (mencoba sabar karena ingat sedang menghadapi orang tua)
B: " Batam! saya tu kemarin telepon keponakan saya. saya tanya dia berapa lama perjalanannya sampai ke Batam. Dia jawab 2 hari. Berarti jauhan Batam dong daripada India" (buset dah ni bapak)

Akhirnya karena saya tidak mau berdebat ga penting lebih jauh dengan si Bapak Ngeyel-an, saya mengambil tindakan tepat. (dengan sangat terpaksa)
A: " Hmm. iya deh pak. Mungkin saya yang salah. Jauhan Batam kog."
B: " Nah makanya! Kalo dibilangin orangtua tu percaya, nggugu!!" (grr. sumpah rasanya pingin tak gigit ubun2 tu Bapak)

MORAL OF THE STORY:
"Terkadang berbohong itu diperlukan ketika kita menghadapi orang-orang ngeyel-an. Daripada ntar kaya saya, harus tebak-tebakan buah manggis, dan kejebak percakapan tak penting yang makan hati mending bohong dehhhh!!!"

BUAT BAPAK :
"Pak maafkan saya. Misal ntar bapak ikut kuis "Betul atau Salah" dan Sonny Tulung tiba2 bertanya pada Bapak. Betul atau salah, jarak Indonesia ke India lebih dekat daripada jarak Salatiga ke Batam, dan bapak menjawab betul. Maka jangan salahkan saya kalau bapak harus kalah dengan kembali ke angka aman atau ke nol rupiah. Sekali lagi maafkan saya. Saya ga mampu menjelaskan lebih jauh karena takut lebih makan hati. huhuhuw.

Salam Kupu-Kupu.

No comments:

Post a Comment